Kamis, 18 Mei 2017

Cara Export Import Nilai Raport di Aplikasi Dapodik

Cara Export Import Nilai Raport di Aplikasi Dapodik merupakan fitur terbaru yang ada pada updater aplikasi dapodik versi 2017c, fitur tersebut tak lain adalah untuk input nilai bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Tanpa fitur ini sesungguhnya entri nilai rapor juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, terutama bagi sekolah di daerah perkotaan dimana fasilitas memadai dan kemampuan guru dalam mengoperasikan iptek tentu lebih baik. Ya, dengan memanfaatkan jaringan yang tersedia untuk mengerjakan nilai raport secara bersama-sama lebih di satu paltop/PC.


Fasilitas eksport import nilai ini sangat rentan sehingga dalam pengoprasiannya harus dilakukan dengan bijak dan hati-hati. Pastikan mengikuti tatacara dan langkah-langkahnya secara runut dan benar. Setidaknya ada 5 hal yang tidak boleh dilakukan jika menggunakan fitur baru ini yaitu jangan merubah format import nilai; merubah token yang ada; merubah Nomor, Nama Siswa, NIS dan NISN yang telah disediakan; KKM pengetahuan dan atau keterampilan wajib diisi; dan untuk nilai sikap/spiritual dan sosial harap diisi hanya pada mata evaluasi Bahasa Indonesia.

Berikut panduan penggunaan export dan import nilai menggunakan excel di dapodik 2017c:

1. Pastikan Aplikasi Dapodik Sudah Pada Versi 2017c


Jika belum pada versi 2017c silakan melakukan pembaruan ke versi terbaru. Bisa dengan mengunduh updater atau perbaharui secara online. Pastikan juga update pembaruan dapodik berjalan normal dan prefill berhasil di konfigurasi dengan sempurna tanpa peringatan kegagalan atau eror apapun.

2. Pastikan Sudah Melakukan Mapping Mata Evaluasi Pada Masing-Masing Rombel


Pilih fitur nilai – rapot / US/USBN – pilih semester – pilih rombel – tekan tombol tambah- lalu pilih mata pelajaran dan tentukan nomor urutnya sesuai dengan urutan pada raport atau ijazah – simpan dan tutup.

3. Unduh Format Excel Untuk Import Nilai


Menggunakan Login PTK. Pilih semester dan rombongan belajar pada menu nilai yang telah dilakukan proses mapping mata evaluasi, setelah muncul mapel evaluasi silakan klik dua kali pada mapel untuk mengaktifkan menu input nilai raport. Setelah aktif cari tombol Eksport dan Import, pada menu dropdown silakan unduh format excel.

Menggunakan Login Operator Sekolah. Setelah dilakukan mapping mata evaluasi silakan aktifkan menu input nilai dengan cara menekan duakali pada salah satu mapel, jika sudah aktif maka akan langung tampil tombol eksport/import dan bisa mengunduh format excel pada menu tersebut. Dengan menggunakan login ops maka kita tidak perlu berganti-ganti login ptk untuk mengunduh format tiap mapel, lebih simpel kan??

File unduhan berupa file excel secara standard akan tersimpan di folder downloads, dengan nama sesuai dengan mapel dan semester masing-masing, misalnya “format-nilai-rapor-20161-Kelas_9-Pendidikan Agama Islam”. Nama file sebaiknya jangan diubah-ubah, biarkan apa adanya sesuai dengan hasil unduhan.

4. Mengisi Nilai Raport pada Format Excel


Buka file yang telah diunduh pada langka sebelumnya. Format dan bentuk sudah baku, jadi jangan melakukan perubahan apapun pada format cukup melakukan entri nilai.

Pertama, Isikan nilai KKM Pengetahuan dengan mengetik atau memilih angka dari 1 s.d 100. “Kalo Mimin sih diketik aja hehehee”.

Kedua, input nilai siswa pada kolom nilai pengetahuan. Untuk menginput bisa dengan memilih atau mengetik, silakan gunakan cara yang lebih nyaman. Bagi mimin cara paling cepat adalan dengan menyalin nilai dari aplikasi nilai raport yang dimiliki sekolah, cukup blok seluruh nilai siswa lalu di copy dan di pastekan “gunakan paste special values” ke dalam format dari dapodik ini.

Ketiga, input nilai predikat untuk penilaian sikap “jika ada” dengan rentang nilai A s.d D
Keempat, simpan file dan tutup aplikasi excelnya.

5. Unggah Format Excel Untuk Import Nilai


Cara mengunggan atau mengimport format niai yang sudah selesai diisi sama dengan cara mengunduh format nilai di atas, hanya berbeda pada langkag akhir yakni pilih menu import dari excel. Setelah memilih menu ini maka akan muncul menu import nilai, silakan cari file excel tadi dengan memilih menu “pilih excel” jika sudah ditemukan pilih file nya lalu tekan dua kali atau tekan tombol open. Selanjutnya pilih import dan proses mengunggah file akan dilakukan. Tunggu beberapa saat, jika berhasil maka akan ada keterangan berhasil dengan notifikasi

Berhasil memasukan data sejumlah 30 baris dan melewati data sejumlah 0 baris. Guru a/n "guru mapel" bertanggungjawab terhadap kebenaran data yang diisikan.

Perhatikan bagian jumlah baris harus sesuai dengan jumlah anggota rombel dan pada data yang dilewati harus 0, hal ini menandakan bahwa tidak terjadi kegagalan mengunggah nilai ke dapodik. Pastikan juga bahwa PTK yang bertanggung jawab adalah guru mapel bersangkutan, ini menunjukkan kita tidak salah memilih file excel pada saat mengimport nilai karena jika salah memilih mapel bisa terjadi eror atau data tidak ditemukan.


File Unduhan

[DOWNLOAD] Panduan lengkap pengisian nilai raport di dapodik
[DOWNLOAD] Surat edaran batas waktu pengisian nilai raport di dapodik

Nah itulah Cara Export Import Nilai Raport di Aplikasi Dapodik semoga bisa meringankan pekerjaan kita, jangan lupa jangan dikerjakan sendiri karena sudah dijelaskan bahwasannya untuk input nilai raport di dapodik adalah tanggungjawab guru kelas atau guru mata pelajaran.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon